Minggu, 10 Mei 2015

USAHA KESEHATAN KERJA PENGASAPAN IKAN DI DESA WONOSARI


A.   Latar Belakang
Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor 128/MENKES/SK/II/2004 tentang kebijakan dasar puskesmas menyatakan bahwa puskesmas merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan diwilayah kerjanya termasuk upaya kesehatan kerja. Upaya kesehatan kerja dipuskesmas ditujukan untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerja. Upaya kesehatan kerja yang dimaksud meliputi pekerja disektor formal dan informal dan berlaku bagi setiap orang selain pekerja yang berada dilingkungan tempat kerja.
Desa Wonosari adalah salah satu desa wilayah kerja Puskesmas Bonang II, dimana dahulu sebagian besar masyarakat mempunyai industri kecil yaitu pengasapan ikan. Proses produksinya ada yag dilakukan dihalaman rumah, namun ada pula yang dilakukan di dalam rumah. Kondisi ini menyebabkan lingkungan permukimannya menjadi padat karena keterbatasan lahan yang ada. Dampak lain yang timbul dari proses pengasapan ikan yaitu asap yang dihasilkan akan berdampak buruk bagi kenyamanan dan kesehatan perajin, juga bagi permukiman sekitar karena lingkungan menjadi kurang sehat, tidak nyaman, dan kumuh. Sejalan dengan perkembangan pemikiran akan dampak bagi manusia, maka industri pengasapan ini dilakukan di satu tempat khusus industri pengasapan, dan letaknya cukup jauh dari permukiman penduduk.
Dari uraian tersebut maka sangat perlu diberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja kepada masyarakat pekerja di wilayah kerja puskesmas khususnya desa Wonosari dengan tujuan meningkatkan kemampuan pekerja untuk menolong dirinya sendiri sehingga terjadi peningkatan status kesehatan dan akhirnya peningkatan produktivitas kerja.



B.    Tujuan
Tujuan dari Usaha Kesehatan Kerja ini adalah :
1.    Upaya peningkatan kesehatan,
2.    Pencegahan penyakit akibat kerja,
3.    Penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.
4.    Peningkatan pelayanan kesehatan kerja dilaksanakan melalui peran serta aktif masyakarat khususnya masyarakat pekerja.

C.   Sasaran


Adapun sasaran dari program ini adalah pekerja industri pengasapan ikan di desa Wonosari Kecamatan Bonang Kabupaten Demak.

D.   Kegiatan yang Dilakukan
1.    Melakukan pengobatan gratis, setiap 1 bulan sekali
2.    Melakukan penyuluhan
3.    Melakukan pembinaan sanitasi yang baik
4.    Meningkatkan peran serta masyarakat 

Dokumentasi






0 komentar:

Posting Komentar