Minggu, 10 Mei 2015

KEGIATAN PAMSIMAS DI DESA JATIMULYO


A.    Latar Belakang
1.    Komitmen mencapai target MDGs 2015, menurunnya jumlah penduduk yang mempunyai akses air minum dan sanitasi sebesar 50% pada tahun 2015
2.    Tahun 2007, presiden RI telah mencanangkan PNPM mandiri diantaranya adalah program PAMSIMAS, merupakan upaya Pemerintah : untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja.
3.    Desa Jatimulyo adalah salah satu desa wilayah Puskesmas Bonang II Kabupaten Demak. Cakupan jamban tahun 2015 adalah jamban 87%, Numpang 3,4%, cubluk 1,9% dan belum punya jamban 8,05%.

B.    Tujuan
Tujuan program Pamsimas adalah untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin pedesaan khususnya masyarakat di desa tertinggal dan masyarakat dipinggiran kota. Secara lebih rinci program Pamsimas bertujuan untuk :
1.    Meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat
2.    Meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yeng berkelanjutan
3.    Meningkatkan kapasitasmasyarakat dan kelembagaan lokal (pemerintah daerah maupun masyarakat) dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat
4.    Meningkatkan efektifitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

C.    Kegiatan
Untuk mewujudkan program tersebut, kegiatan yang sudah dilakukan adalah
1.    Community Lead Total sanitation (CLTS)
2.    Penyuluhan PHBS dimasyarakat dan anak sekolah










0 komentar:

Posting Komentar